Mudahnya Cara mengatasi anak susah makan Usia 3 tahun

Cara paling mudah mengatasi anak susah makan Usia 3 tahun

Anak usia 3 tahun yang susah makan cara mengatasinya bikin bunda lumayan frustasi. Di situasi seperti ini bunda sering bingung apa yang harus dimasak agar anak mau makan. Soalnya si kecil mulai sering menolak makan saat disuapi makanan. Masalah anak menolak atau malas makan jika dibiarkan tanpa ada solusi untuk mengatasinya akan membuat anak melambat pertubuhan badannya

Berbagai cara sudah dicoba untuk mengatasi si kecil yang sedang makan tapi gagal Seperti menyetel video kartun kesukaannya agar dia mau makan. Atau menyuapi anaknya dengan makanan yang biasa ia makan. Bunda bingung apa cara dan trik terbaik serta yang jitu untuk mengatasi anaknya yang susah makan.

Bunda harus tahu berdasarkan kutipan Huffington Post seorang dokter anak ia menyampaikan bahwa anak usia 3 tahun sudah memilih-milih jenis makanan yang ia sukai Anak balita usia 3 tahun biasanya akan memilih makanan yang dia inginkan dan kapan dia mau makan makanan tersebut. Ini tandanya bahwa anak yang memilih-milih soal makanan adalah salah satu cara si anak untuk menegaskan kemandiriannya.

Bunda tidak perlu cemas yang berlebihan saat anak di tahap ini asalkan proses dan tahapan umbuh kembangnya berjalan dengan baik. Dan untuk mengurangi kekhawatiran dan kecemasan Mum akan asupan nutrisi anak ini berikut 6 hal yang dapat bunda lakukan untuk si kecil:

1. Jangan jadikan setiap waktu makan menjadi ajang pertengkaran

Anak yang pemilih soal makanan sering membuat orangtua kesal. Namun cobalah untuk bersabar dan tidak memaksanya menyantap makanan yang tidak dia suka. Karena dampaknya bisa lebih buruk. Mungkin tidak mudah bagi Bunda untuk melakukannya tapi jika kebiasaannya yang pemilih dalam makanan bisa memicu gangguan pola makan maka Bunda harus lebih berhati-hati dalam menghadapi kebiasaan makannya yang rewel.

2. Buat catatan tentang apa saja yang dimakan anak dalam sehari

Tanyakan pada semua orang yang ditemui anak hari itu. Apa saja yang ia makan termasuk cemilan. Maka Bunda akan mendapat data apa saja yang dimakan anak dalam sehari. Jadi hanya karena anak tidak mau makan besar di waktu makan yang sudah ditentukan bukan berarti dia kelaparan. Menghadapi Anak usia 3 tahun yang susah makan harus ekstra sabar. Jika dia tidak mau makan makanan yang Bunda sajikan maka belum tentu dia tidak makan seharian.

3. Sediakan kudapan tinggi kalori untuk cemilannya

Untuk memastikan dia tetap dapat asupan energi sepanjang hari meski tidak makan di waktu makan harusnya bunda perlu menyediakan kudapan tinggi kalori yang bisa dia makan kapanpun dia mau. Contoh kudapan tinggi kalori ialah selai kacang bisa juga keju atau kacang-kacangan dan juga buah. Jadi tak mengapa Anak usia 3 tahun yang susah makan saat disuruh makan nasi. Asalkan asupan kalorinya tetap tercukupi dari cemilan yang Bunda sediakan.

4. Rencanakan menu lengkap yang berbeda setiap hari

Siapapun pasti akan bosan jika harus makan dengan menu yang sama tiap hari. Kreasikan menu unik dengan penyajian yang menarik sehingga anak bisa antusias untuk menyantap makanan. Pastikan menu yang Bunda buat mengandung makanan yang ia suka sehingga anak lebih senang memakannya.

5. Minta bantuan jika memang Anda membutuhkannya

Apabila Bunda sudah tidak mampu menghadapi Anak usia 3 tahun yang susah makan atau si kecil semakin susah saat disuruh makan. Mintalah bantuan Ayah atau orang dewasa lainnya yang bisa membuat si kecil menurut dan mau makan.

6. Beri Suplemen / Vitamin yang Meningkatkan Nafsu Makannya

Memberi suplemen makanan untuk anak bisa jadi salah satu cara jitu untuk mengatasi anak yang susah makan. Pilih suplemen berbentuk sirup atau permen jeli yang disukai anak-anak. Lebih bagus lagi jika suplemennya mengandung temulawak yang bisa menambah nafsu makannya. Salah satu suplemen yang bisa diberikan kepada anak yang susah makan adalah Madu Laperma Platinum. Laperma Platinum adalah madu berbahan alami yang mengandung vitamin penambah nafsu makan anak. Gunakan madu anak laperma Platinum untuk mengatasi si kecil yang susah makan.

Sekarang bunda sudah tahu apa saja yang mesti dilakukan untuk mengahadapi anak yang susah makan. Bunda tidak perlu menggunakan paksaan saat anak waktunya makan. Selama anak rajin minum susu dan makan cemilan sehat sehingga asupan nutrisinya sudah cukup anak yang susah makan bukan hal yang harus dicemaskan.

Semoga artikel ini memberi sedikit pencerahan dan solusi bagi bunda untuk bisa mengatasi anak yang susah makan khususnya anak usia balita. Masih banyak cara dan solusi yang mungkin lebih ampuh dan lebih jitu dalam menghadapi anak yang malas dan ga mau makan. Dengan banyaknya solusi dan cara yang lebih praktis dan efisien bunda akan lebih berpengalaman dalam mengatasi si kecil nafsu makannya berkurang. Terima kasih 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mudahnya Cara mengatasi anak susah makan Usia 3 tahun"

Posting Komentar